Jumat, 02 Mei 2014

keindahan kota gorontalo


"MATODUWOLO"

postingan di blog saya kali ini akan menulis tentang fakta bahwa gorontalo itu benar benar Indah dan bukan gosip loh yaaaa :) .. postingan ini semoga bermanfaat bagi semua orang buat yang di luar kota gorontalo atau orang gorontalo belum pulang kampung juga.. tinggal browsing lewat internet dan kamu bakal nemuin fakta tentang Indahnya gorontalo. cekidooott !


"INI ADALAH KOTA GORONTALO COY"


PATUNG SARONDE




RUMAH ADAT GOONTALO DULOHUPA
Rumah adat orang Gorontalo ada ternyata ada 2 macam. Yang pertama Bandayo Poboide . Rumah ini terletak tepat di depan Kantor Bupati Gorontalo, Jalan Jenderal Sudirman, Limboto.



 BANTAYO POPOIDE
 Yang kedua, adalah rumah adat yang disebut Dulohupa . Rumah adat Dulohupa ini letaknya di Kelurahan Limba U2, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo. Rumah adat ini
digunakan sebagai tempat bermusyawarat kerabat kerajaan pada masa lampau.
Dulohupa merupakan rumah panggung yang terbuat dari papan, dengan bentuk atap khas daerah Gorontalo. Pada bagian belakang ada ajungan tempat para raja dan kerabat istana untuk beristirahat atau bersantai sambil melihat kegiatan remaja istana bermain sepak raga.


PATUNG NANI WARTABONE


Monumen Nani Wartabone dibangun sekitar tahun 1987 pada masa pemerintahan Walikotamadya Gorontalo, Drs. A. Nadjamudin. Monumen ini terletak di alun – alun Kota Gorontalo (Lapangan Taruna Remaja) atau tepat berada di depan rumah Dinas Gubernur Provinsi Gorontalo saat ini. Nani Wartabone adalah putra asli Daerah Gorontalo, yang telah banyak mengabdikan diri sebagai pejuang bangsa dan negara, khususnya dalam gerakan patriotisme melawan penjajahan Belanda. Gerakan patriotisme Rakyat Gorontalo, dengan menggunakan taktik dan strategi perjuangan mampu mengusir bangsa penjajah Belanda dari Bumi Kerawang, Gorontalo. Perjuangan rakyat Gorontalo yang patriotik mencapai klimasnya pada tanggal 23 Januari 1942, menjadi satu – satunya daerah di Indonesia yang mampu memproklamasikan kemerdekaan RI dari Bumi Gorontalo, lepas dari cengkeraman penjajahan Belanda.
http://www.gorontalofamily.org/pariwisata/monumen-pahlawan-nasional-h-nani-wartabone.html




 ini adalah bentor transfortasi khas gorontalo.
Bentor adalah kendaraan khas masyarakat Gorontalo melalui mekanisasi becak yang ada dengan mengganti becak yang dikayuh dengan sepeda motor. Sepeda motor yang digunakan adalah sepedamotor dari jenis bebek.
    Jumlah kendaraan ini dari hari ke hari makin bertambah dan berkembang ke propinsi-propinsi lainnya di Sulawesi, sekarang Bentor sudah beroperasi secara ilegal di Makasar, Kotamobago, Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara, Luwuk di Sulawesi Tengah.
    Bentor disenangi oleh masyarakat karena dapat sampai di tujuan dalam waktu yang singkat serta dapat dimuati oleh 2 orang tetapi sering juga terjadi diisi 3 orang bahkan sampai 5 orang dengan dua penumpang membonceng di belakang pengemudi.
http://id.wikibooks.org/wiki/Profil_Becak_di_Indonesia/Bentor





  ga susah lag dah nyari tempat buat nginep bnyak peninapan buat anda" yang ingin berkunjung di kota gorontalo salah satunya hotel MAQNA sama hotel Quliti coy dan masih banyak lagi hotel di gorontalo


gorontalo adalah penghasil jagung jadi ini adalah gambar jagung besar  bro
kebun jagung



ini adalah menara limboto bro kalo di lihat seperti menara yang ada di paris Eiffel
     Adalah Menara Keagungan atau lengkapnya Menara Keagungan Limboto/gorontalo, menara ini sekilas jika dilihat mirip dengan Menara Eiffel di Paris, Perancis. Menara ini berada di simpang jalan raya trans Limboto atau persimpangan jalan Sudirman dan jalan Cokroaminoto.  Bagi yang mengunjungi Provinsi Gorontalo, menara ini dapat langsung terlihat ketika pesawat akan landing di Bandara Jalaluddin Isimu.
Menara Keagungan mulai dibangun sejak tahun 2001 dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI era pemerintahan Megawati, Dr. Hamzah Haz. Nama menara ini ditetapkan berdasarkan SK Bupati Gorontalo Nomor 717 Tahun 2003 tanggal 18 September 2003 yang telah disetujui oleh DPRD Kabupaten Gorontalo.
Menara Keagungan memiliki ketinggian 65 meter dan terdiri dari lima lantai. Puncak menara  berbentuk kubah masjid, Lebar kaki pancangnya mencapai  21 meter. Untuk mencapai puncak menara keagungan dapat menggunakan dua jalan, yaitu naik tangga dan naik lift.


Tangga dua ribu tempatmnya di kota korontalo
Obyek wisata ini bersebelahan dengan Pantai Indah yang jaraknya 200 M, tempat ini pada malam hari ramai dikunjungi kaum muda mudi masyarakat Gorontalo dan para pendatang.
https://www.google.com/search?q=tangga+dua+ribu+gorontalo
                  
 olele
Taman Laut Olele terletak di Desa Olele Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango, ± 20 Km dari pusat Kota Gorontalo dan dapat ditempuh dalam waktu ± 21 menit, dapat dijangkau dengan kendaraan darat maupun kendaraan laut. Jika melalui jalur darat, dengan menggunakan kenderaan roda dua atau roda empat melewati jalanan berliku di pinggiran bukit.
Menuju desa Olele, anda akan menyisir jalan berkelak kelok, melintasi perumahan penduduk dengan pemandangan yang kontras. Di satu sisi anda terkesima dengan tebing-tebing curam berpohon dan di sisi lain, hambaran laut biru hijau tanpa batas membentang membuat anda tercengang. Pantai Olele merupakan pintu gerbang menuju surga Taman Laut Olele dengan alam bahari yang sangat indah. Para penyelam dunia telah membuktikannya dengan mata sendiri. Mereka menyatakan bahwa sebagian biota laut yang terdapat di sana tidak dijumpai di perairan lain.
Taman laut Olele menyimpan banyak keindahan, diantaranya terdapat Goa Jin dengan ikan-ikan hias, Biota Laut, Terumbu karang yang sehat, padat dan indah, Bunga Karang Raksasa, Beberapa jenis ikan yang langka dan hanya terdapat di perairan teluk tomini. Saat ini, Taman Laut Olele menjadi ikon wisata di Provinsi Gorontalo yang berada di pesisir selatan. Jika berkunjung ke Gorontalo, tak lengkap rasanya kalau Anda tidak mengunjungi lokasi ini. Maklum, ketenaran Pantai Olele menggaung hingga di daerah lain sehingga mendapat julukan Primadona Pantai Selatan.
Terumbu karang yang belum terjamah dihiasi oleh pelangi ikan dan biota laut lainnya. Salah satu terumbu karang langka yang bisa ditemui adalah terumbu yang menyerupai karya seni ukir perupa Picasso dari Itali. Masyarakat menamainya sebagai terumbu karang Picasso. Jika beruntung, penyelam pun dapat bertemu mamalia laut, ikan Lumba-lumba, yang dengan tidak malu-malu menyambut kedatangan penyelam.
Ketika snorkeling, berhati-hatilah dengan sengatan ubur-ubur. Ukurannya yang mini terlihat menarik berwarna warni terutama saat terkena cercahan sinar matahari. Namun jangan khawatir, rasa gatal akan hilang segera kala menyaksikan keindahan surga bawah laut Olele. Bagi yang bukan penyelam, jangan khawatir. Perahu kayu berkaca asli buatan penduduk siap membawa wisatawan berpelesir mengarungi perairan untuk menikmati keindahan tampak atas terumbu karang, ikan-ikan dan biota laut lainnya.


http://www.gorontalofamily.org/pariwisata/682.html



Demikianlah persembahan dari saya yang sudah membahas mengenai indahnya kota gorontalo sebenarnya  masih banyak lagi mengenai Gotrontalo tapi hanya ini dlu yang saya posting.
Terima kasih telah mngunjungi blog saya



0 komentar:

Posting Komentar